INFORMASI LAPOR DIRI PPG CALON GURU GELOMBANG 2 TAHUN 2024 UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Dengan hormat, kami informasikan kepada seluruh calon mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024 Universitas PGRI Semarang bahwa berdasarkan Surat Edaran Kemdikbudristek Ditjen GTK Nomor 1293/B2/GT.00.08/2024 tanggal 19 Agustus 2024 tentang Persiapan Pelaksanaan Perkuliahan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024.
Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas PGRI Semarang mengumumkan bahwa :

1. Peserta PPG Calon Guru Gelombang 2 WAJIB LAPOR DIRI secara daring (online) pada tanggal 26 s/d 31 Agustus 2024 dan luring (hadir dikampus) pada saat orientasi akademik dengan membawa berkas syarat lapor diri.
2. Kegiatan lapor diri secara daring (online) dimaksud adalah melalui laman https://simekar.upgris.ac.id/ dan unggah berkas persyaratan lapor diri. Sistem SIMEKAR akan dibuka hari Senin, 26 Agustus pukul 15.00 WIB karena sedang dalam persiapan.
Tata cara lapor diri secara daring (online) dapat diunduh DISINI.
3. Kegiatan lapor diri secara luring (hadir dikampus) dimaksud adalah pada saat Orientasi Akademik (Jum’at, 06 September 2024) tempat menyusul. Saat orientasi akademik dengan membawa berkas persyaratan lapor diri. Adapun berkas lapor dimaksud adalah :
a. Legalisir Ijazah S1
b. Legalisir Transkip Nilai S1
c. Surat Keterangan Sehat Jasmani dikeluarkan oleh penyedia layanan kesehatan.
d. Surat Keterangan Sehat Rohani yang dikeluarkan oleh penyedia layanan kesehatan.
e. Surat Keterangan Berkelakuan Baik, minimal dikeluarkan oleh Polsek/Polres
f. Surat Keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (Napza).
g. Lembar Pakta Integritas sebagai mahasiswa PPG Calon Guru yang diunduh pada aplikasi SIMPKB saat konfirmasi kesediaan.
h. Lembar hasil cetak bukti lapor diri dari https://simekar.upgris.ac.id/. Tata cara unduh bukti lapor diri dapat dilihat pada panduan lapor diri DISINI
i. File foto (JPG) Berwarna ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 (diunggah bersamaan dengan berkas lainnya) dengan dengan ketentuan : 
– Bagi laki-laki wajib menggunakan jas hitam, kemeja putih polos dan berkerah serta dasi hitam,
– Bagi perempuan wajib menggunakan jas hitam, kemeja putih polos dan berkerah, kerudung hitam (jika berkerudung)
– Tidak menggunakan kacamata
– Background berwarna merah
– bukan swafoto (selfie), bukan repro dari foto cetak, atau crop dari foto lain
– Tidak ada teks lain di dalam foto tersebut.
Contoh ketentuan foto dapat diunduh DISINI
4. Seluruh hasil SCAN berkas persyaratan poin 3.a s/d 3.h  terbaca dengan baik dan dalam sesuai dengan ketentuan format file PDF dan diunggah pada form unggah yang disediakan pada https://simekar.upgris.ac.id/ sebagai bukti lapor diri secara daring (online). Poin 3.i file pass foto tetap dalam bentuk file JPG/JPEG.Mohon diperhatikan penamaan file berkas hasil scan. Penulisan nama file dengan format sebagai berikut (Kode Bidang_No PTK ID_Nama Lengkap_Nama Berkas) untuk memudahkan pengelompokan pengumpulan berkas.

Kode Bidang StudiNama Bidang Studi
027Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
156Bahasa Indonesia
220Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
845Agribisnis Tanaman

Seluruh berkas fisik persyaratan poin 3.a s/d 3.h  dikumpulkan saat orientasi akademik sebagai bukti lapor diri secara luring dikampus.
Teknis pengumpulan berkas kami informasikan berikutnya.

5. Whatsapp Grup terdapat dalam isian lapor diri SIMEKAR, tata cara bergabung sudah terdapat dalam panduan Tata Cara Lapor Diri
Daftar Peserta PPG Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024 pada Universitas PGRI Semarang dapat diunduh DISINI

Jika Hal-hal yang perlu dikonfirmasi dapat menghubungi kontak person sebagai berikut pada hari dan jam kerja (Senin – Jum’at, 08.00 – 15.30 WIB) :
085290718183 (Mas Yoyok – Admin Program PPG UPGRIS)

082220002053 (Sekretariat Program PPG UPGRIS)